Kegiatan Jumat Agamis 

Di SDN 18 Muara Enim 

Kita ketahui bersama tujuan  pendidikan  nasional mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoensia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, yang memiliki pengetahuan dan bantuan, kesehatan jasmani dan rohani, keyakinan yang mantap dan mandiri dengan rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Manusia Indonesia melalui pendidikan harus cerdas agar bisa menjadi manusia seutuhnya. Untuk menjadi cerdas, manusia Indonesia harus belajar, baik di sekolah formal maupun di luar sekolah secara informal. Untuk menjadi manusia seutuhnya, manusia harus beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan yang ditanamkan kepada anak didik di sekolah dalam rangka menerima anak didik ini menjadi manusia Indonesia seutuhnya.

Pendidikan  karakter  untuk anak memiliki peran yang sangat penting sebab pendidikan karakter menjadi pondasi yang kuat bagi tercapainya tujuan pendidikan di Indonesia.

Agar anak didik memiliki keimanan dan ketaqwaan yang terus meningkat terhadap Tuhan Yang Maha Esa, maka perlu ada kegiatan dan pendidikan agama yang rutin dan terus menerus di sekolah. Kegiatan dan pendidikan agama harus menjadi kebiasaan. Dalam keseharian anak didik wajib menerapkan dan mengamalkan setiap ajaran yang didapat dari pendidikan agama di sekolah.

Pendidikan karakter anak dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, perlu ditanamkan nilai-nilai  religius  pada setiap anak didik di sekolah. Nilai-nilai religius akan membuat anak didik selalu taat beribadah. Menjaga hubungan dengan Allah SWT dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Terima kasih atas hubungan antar sesama, jadi diperoleh kehidupan yang damai, saling menghargai, dapatkan dan menyayangi.

Di SDN. 18 Muara Enim kegiatan keagamaan dalam rangka pendidikan karakter religius anak didik menjadi kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap hari. Bentuk dari pembiasaan tersebut antara lain: Pembacaan doa, dan asmaual husna menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

Lantunan ayat-ayat suci Alquran menciptakan ketenangan bathin dan pikiran bagi para anak didik, ini memungkinkan para anak didik dapat menyerap ilmu pelajaran secara maksimal. Suasana tenang tercipta begitu kondusif untuk kegiatan belajar dan mengajar \

Ada pula kegiatan pembiasan anak didik yang dilakukan secara rutin sekali lagi antara lain: Pembacaan asmaul husna dan surat-surat pendek. Program ini dilaksanakan sebelum masuk sekolah. Seluruh anak didik yang beragam Islam wajib mengikutinya. Program ini cukup berhasil meningkatkan akhlak dan karakter anak didik.