Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah penjelasan para pakar tentang senal antaralain:

  1. Pengertian Senam Menurut Mahendra

    Senam adalah kegiatan utama yang memberikan manfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerakan (tubuh).

  2. Pengertian Senam menurut Sutrisno dan Khadafi

    Senam adalah latihan fisik yang disusun lengkap dengan gerakan yang terencana dan disusun untuk mencapai tujuan.

  3. Pengertian senam menurut Margono

    Senam adalah bentuk latihan fisik yang dipilih dan dibuat terencana kemudian dibuat lengkap dengan tujuan membuat pribadi yang harmonis.

  4. Pengertian senam menurut Madjono

    Senam adalah bentuk latihan jasmani yang sistematis, teratur dan terencana dengan gerakan spesifik yang memberikan manfaat untuk tubuh.

 

Sejarah Senam

Kata “Senam” berasal dari bahasa Inggris Senam, dan bahasa Belanda Gymnastiek. Gymnastik sendiri berasal dari bahasa Yunani, Gymnos yang berarti terbalik, dan kata tersebut merupakan turunan dari kata kerja gymnazein yang berarti melatih atau melatih diri. Latihan-latihan ini diperlukan untuk para pemuda Yunani Kuno (sekitar tahun 1000 SM hingga kira-kira tahun 476) untuk menjadi warga negara yang sesuai dengan cita-cita negara serta untuk menjadikan penduduknya sebagai manusia harmonis.

Tidak hanya terbatas pada pengertian seperti yang diketahui pada saat ini, di zaman Yunani kuno senam memiliki arti yang sangat luas. Senam menghabiskan pada kegiatan-kegiatan olahraga seperti gulat, atletik dan juga bertinju. Karena semakin berkembang zaman, kemudian makna yang dikandung, kata senam semakin menyempit dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Manfaat Senam

Senam Bermanfaat memberikan beragam Jenis Manfaat bagi tubuh kita. Baik dari segi kesehatan maupun segi fisik melakukan senam secara teratur membantu proses penuaan dengan izin kesegaran jasmani, seperti:

  1. Menjaga kelenturan otot
  2. Menjaga kelenturan sendi
  3. Meningkatkan kelincahan tubuh
  4. Meningkatkan keluwesan tubuh
  5. Menjaga tubuh tetap ideal dan bugar

 

Jenis-Jenis Senam

Senam terbagi menjadi beberapa kelompol. Adapun jenis-jenis senam antaralain:

  1. Senam Akrobatik
  2. Senam Artistik
  3. Senam Aerobik Sport
  4. Senam Ritmik Sportif
  5. Senam Trampolin
  6. Senam Umum

 

Senam yang Populer

Ada beberapa senam yang cukup populer diminati banyak orang dan tren beberapa waktu yang lalu, selain banyak manfaatnya dari sisi kesehatan senam juga perlu membuat pikiran kita menjadi lebih segar, berikut ini akan dibahas bebrapa senam yang populer:

1. Senam Aerobik

Senam aerobik adalah jenis senam yang didukung untuk meningkatkan denyut jantung dan melatih otot-otot tertentu. Senam ini menggunakan irama musik dengan gerakan tertentu dalam durasi waktu tertentu. Senam aerobik tidak seperti yang terpaku pada musik yang mengiringinya, namun selaras dengan musik tersebut.

2. Senam Lantai

Senam yang dilakukan dengan bantuan matras dan dilakukan di atas matras tersebut. Senam ini memiliki beberapa unsur, seperti berguling, meloncat, bergeser, atau menumpu dengan tangan. Jenis senam ini bisa diberikan latihan bebas, karena pesenam tidak perlu menggunakan peralatan khusus.

3. Senam Maumere

Senam Maumere merupakan senam yang diiringi musik berenergik (diiringi lagu Gemu Fa Mi Re yang dinyanyikan oleh Nyong Franco) dapat membuat senam yang lebih bersemangat. Dan untuk melakukan dan menerima senam ini kita bisa dengan mudah menerima di Youtube.

4. Senam Kegel

Senam Kegel merupakan jenis senam yang dapat dilakukan secara rutin yang dapat membuat otot panggul bagian bawah menjadi kencang. Otot panggul bagian bawah yang terbuat dari otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

5. Senam Irama

Senam irama merupakan jenis senam yang gerakannya diiringi oleh irama atau musik aktivitas gerak dan dilakukan secar berirama. Irama yang dihitung dapat terdiri dari musik, hitungan atau ketukan. Irama musik serta gerakan yang dapat menghasilkan gerakan-gerakan tubuh dan gerakan alat yang indah.